Rabu, 22 Februari 2012

Cara Menciptakan Lingkungan Bersih



Lingkungan bersih merupakan dambaan semua orang. Namun tidak mudah untuk menciptakan lingkungan kita bisa terlihat bersih dan rapi sehingga nyaman untuk dilihat. Tidak jarang karena kesibukan dan berbagai alasan lain, kita kurang memperhatikan masalah kebersihan lingkungan di sekitar kita, terutama lingkungan rumah.

Padahal, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan seseorang dengan menjaga lingkungan mereka tetap terlihat bersih dan rapi. Lingkungan bersih akan menjauhkan sumber-sumber penyakit untuk berkembang di sekitar kita. Selain itu, dengan lingkungan yang bersih pula, kita akan merasa nyaman dan betah untuk berada di rumah.

Lingkungan bersih yang bebas dari timbunan sampah, juga akan terhindar dari bencana seperti banjir pada musim hujan. Salah satu penyebab banjir di berbagai wilayah adalah karena banyaknya sampah yang berserakan sehingga menghambat aliran air. Hal ini merupakan salah satu perilaku buruk yang seakan sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah perkotaan.

Budaya membuang sampah di sungai dan selokan, menyebabkan lingkungan bersih sulit dicapai. Namun, untuk mengubah kebiasaan tersebut pun bukan hal yang mudah dilakukan. Keterbatasan lahan untuk membuat tempat sampah, menjadi alasan masyarakat kota untuk membuang sampah secara sembarangan.


Cara Menciptakan Lingkungan Bersih

Penciptaan lingkungan bersih adalah tanggung jawab semua orang. Dan untuk menumbuhkan tanggung jawab tersebut dibutuhkan proses dan juga langkah nyata. Kedua hal tersebut harus dilakukan secara beriringan sehingga tujuan tersebut bisa tercapai tanpa ada paksaan dan merupakan sebuah kesadaran dan kebutuhan semua orang.

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk menciptakan lingkungan bersih. Langkah-langkah tersebut di antaranya adalah :
Memberikan kesadaran tentang arti penting lingkungan bersih kepada masyarakat, terutama pada anak-anak agar kesadaran tersebut bisa tumbuh sejak usia dini.


Buatlah tempat sampah yang memisahkan antara sampahorganik dan non organik.


Buatlah jadwal rutin untuk melakuan aktivitas pembersihan lingkungan secara terjadwal.


Buatlah sebuah aktivitas kreatif untuk mengelola sampah non organik menjadi sebuah benda yang bersifat produktif dan bisa menghasilkan uang.


Biasakan untuk membuang sampah pada tempatnya. Hal ini akan sangat bermanfaat jika diberikan juga kepada anak-anak, sehingga hal ini akan menjadi sebuah pola perilaku yang tercipta di bawah sadar.
Artikel ini Di Dapat Dari Web/Blog : http://no-doong.blogspot.com/2011/07/1.html#ixzz1ptbHpGIn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar