Rabu, 22 Februari 2012

Menyulap Limbah Kaca Menjadi Barang Berharga



Hingga kini, limbah masih menjadi masalah serius di republik ini. Terutama, di daerah-daerah industri besar. Akan tetapi, limbah tersebut masih dapat dimanfaatkan dengan teknologi yang tepat. Salah satu limbah yang mampu disulap menjadi barang berharga dan bernilai usaha adalah limbah kaca.
Daur Ulang


Daur ulang merupakan salah satu cara untuk meminimalisasi jumlah limbah dengan cara mengubahnya menjadi barang-barang berguna dan bernilai ekonomi tinggi. Daur ulang adalah proses membuat karya yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan bahan baku baru, mengurangi polusi, mengurangi penggunaan energi, mengurangi kerusakan lahan, serta mengurangi emisi rumah kaca dibanding pembuatan barang baru.
Material Daur Ulang


Beberapa material sampah atau limbah yang bisa didaur ulang, di antaranya kaca, plastik, kertas, logam, kayu, barang elektronik, dan tekstil. Akan tetapi, pengolahan sampah organik menjadi kompos tidak dikategorikan sebagai daur ulang meskipun prosesnya mirip. Mengapa demikian? Karena daur ulang lebih difokuskan pada limbah yang tidak bisa didegradasi secara alami.


Dengan kata lain, limbah yang masuk kategori daur ulang memiliki sifat tidak dapat diuraikan secara alami oleh alam. Oleh sebab itu, dilakukan daur ulang atau pengolahan kembali guna mengurangi kerusakan lahan. Simpulannya, daur ulang merupakan proses yang meliputi pengumpulan limbah atau sampah, penyortiran, pembersihan, dan pengolahan menjadi material baru.
Daur Ulang Kaca


Salah satu material limbah yang dapat didaur ulang adalah kaca. Berbagai cara dilakukan oleh para perajin untuk menyulap limbah kaca menjadi barang bernilai guna dan bernilai ekonomi tinggi. Salah satu kerajinan yang dapat dibuat dari limbah kaca adalah kerajinan gelas dari pecahan kaca.


Gelas dari pecahan kaca ini akan terkesan mewah dan unik sehingga menarik hati para konsumen. Dengan demikian, gelas pecahan kaca dapat dijadikan salah satu peluang bisnis menguntungkan bagi Anda. Ya. Bisnis ini memang terbilang menggiurkan karena menggunakan bahan baku murah dengan hasil memuaskan.
Pengolahan Bahan


Bahan yang dibutuhkan untuk membuat berbagai kerajinan kaca adalah pecahan kaca atau pecahan botol bekas, toples bekas, dan barang bekas lain berbahan kaca. Setelah terkumpul, berikut adalah langkah-langkah pengolahannya.
Bersihkan kaca dari bahan-bahan yang mengkontaminasi, lalu cuci.
Setelah benar-benar bersih, bahan kaca dilebur dalam tungku selama 24 jam dengan suhu 1.500 derajat Celcius.
Setelah benar-benar meleleh, bentuklah kaca sesuai keinginan.
Leburan kaca ini dapat pula digunakan sebagai bahan bangunandan pembuatan jalan yang disebut glassphalt. Glassphaltmerupakan bahan pelapis jalan yang menggunakan 30 persen material kaca daur ulang.


Selain dilebur, bahan kaca dapat dipotong-potong dan dimodifikasi menjadi bentuk-bentuk yang diinginkan. Misalnya, bentuk-bentukmainan maupun miniatur bangunan-bangunan bersejarah.
Beberapa Bentuk Kerajinan Limbah Kaca


Limbah kaca dapat diubah menjadi bentuk-bentuk baru yang bervariasi. Misalnya, vas bunga, kap lampu, mainan, senjata api, kereta api, helikopter, sepeda motor, becak, andong, alat musik, drum, gapura, dan lampu hias. Harga yang ditawarkan untuk setiap barang bervariasi, sekitar Rp20.000,00 hingga Rp15.000.000, bergantung tingkat kerumitan serta ukuran kerajinan.


Sebuah harga yang cukup mencengangkan, bukan? Oleh sebab itu, asahlah kreativitas Anda untuk memulai usah
Artikel ini Di Dapat Dari Web/Blog : http://no-doong.blogspot.com/2011/07/1.html#ixzz1ptbHpGIn

1 komentar:

  1. bagus sekali, memang dengan kreatifitas, sampah yang bisa diabaikan pun bisa jadi barang bernilai..

    http://landongobatherbal.com/obat-herbal-penyakit-migren/

    BalasHapus